Total Tayangan Halaman

Minggu, 24 April 2011

Tips membuat Laporan menggunakan iReport

1. Ingin membuat tulisan yang memiliki format yang berbeda-beda dalam 1 string, contoh:
tulisan tebal, miring dan tebalmiring
caranya adalah dengan mencentang properti "Styled text" pada iReport, kemudian teks yang memiliki format ditulis diantara tag <style></style>. Apabila ingin tebal, maka ditambahkan isBold=\"true\" dan jangan lupa jenis hurufnya diganti menjadi xxx-Bold, misal: Times-Bold. Begitu juga dengan tebal-miring, maka ditambahkan isBold=\"true\" isItalic=\"true\" dengan jenis huruf Times-BoldItalic. Ok, untuk contoh di atas, ditulis:
tulisan <style isBold=\"true\" pdfFontName=\"Times-Bold\">tebal</style>, <style isItalic=\"true\" pdfFontName=\"Times-Italic\">miring</style> dan <style isBold=\"true\" isItalic=\"true\" pdfFontName=\"Times-BoldItalic\">tebalmiring</style>

2. Terdapat string dinamis yang dapat berkembang secara otomatis, tetapi tidak menabrak teks di bawahnya yang berada dalam satu bagian (karena teks yang tidak berada pada bagian yang sama tidak akan tertabrak).
Desain pada iReport dapat dilihat seperti gambar di bawah ini

Dalam hal ini, agar "$P{isisurat}" dapat berkembang dengan cara (1): mencentang "Print when detail overflows", (2): ubah "Stretch type" menjadi "Relative to band height", (3): mencentang "Stretch with overflow".
Di dalam bagian "detail", di bawah
"$P{isisurat}" terdapat dua buah string, apabila pengaturan standar di dalam propertinya tidak diubah, maka pada waktu dicetak akan seperti gambar di bawah ini

Agar kedua string tersebut dapat menyesuaikan diri (tidak tertabrak "$P{isisurat}", dapat menggunakan cara: (1): blok kedua string tersebut, (2): klik kanan dan pilih "Group selected element(s)", (3) masih dalam keadaan terpilih, ubah properti "Position type" menjadi "float".

Tidak ada komentar: